Latest News

Inilah Obat Jerawat Anjuran Rasulullah SAW

Agama Islam mengkaji seluruh aspek kehidupan di alam raya. Melalui Nabi Muhammad SAW, Allah SWT menyapaikan wahyu-Nya yang tertuang dalam Alquran. Tidak melulu masalah aqidah dan akhlak, Rasulullah SAW melalui hadist-hadistnya juga menyampaikan perihal kehidupan sehari-hari yang sangat bermanfaat.

Salah satunya adalah adalah tentang cara menyembuhkan jerawat. Ternyata masalah kulit yang mengganggu penampilan wajah ini tidak hanya melanda remaja masa kini. Tapi sudah terjadi sejak ribuan tahun lalu.

Sebuah riwayat menjelaskan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW mengumpulkan para istrinya. Saat itu tampak salah satu dari mereka wajahnya ditumbuhi jerawat. Rasulullah kemudian menyarankan obat untuk sang istri menyembuhkan jerawatnya. Penasaran dengan obat ini? Berikut ringkasannya.

Dalam bahasa Arab, jerawat disebut juga dengan nama batsrah. Ini adalah benjolan kecil yang terdiri dari zat panas yang tumbuh secara alami.

Obat yang dianjurkan Rasulullah SAW ini tentunya jauh dari efek samping. Bisa saja ini menjadi salah satu alternatif bagi anda yang sudah lelah mengatasi jerawat yang tidak kunjung sembuh.

Hal ini dikisahkan oleh Ibnu As-Sunni yang mendapat informasi dari beberapa istri nabi. Mereka bercerita bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW menemui istrinya. Diantara mereka tampak tumbuh semacam jerawat. Rasulullah kemudian bertanya yang artinya:

 “Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab, “punya”. Rasulullah berkata, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini.” Hadits ini diakui oleh Adz-Dzahabi, dikeluarkan oleh Al-Hakim dan sanadnya adalah shahih.
   
Dzarirah merupakan wewangian yang terbuat dari sari batang pohon arum. Karena sifatnya yang panas dan kering membuat tanamanini dipercaya menyembuhkan jerawat. Disamping bisa mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat, obat ini juga memberikan aroma yang wangi.

Tanaman ini kini banyak ditemukan di India dan diberdayakan masyarakat di sana sebagai tanaman obat dari berbagai jenis penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan antara lain radang lambung, liver dan kekurangan cairan tubuh, bahkan dapat pula menguatkan jantung.

Hal lainnya juga diriwayatkan Aisyah RA yang mengatakan bahwa dirinya membubuhi minyak Dzarirah kepada Rasulullah SAW saat Tahallul. Saat itu bertepatan dengan Haji Wada atau Haji perpisahan.

"Saya meminyaki Rasulullah SAW dengan tanganku dengan menggunakan Dzarirah (arum) pada haji wada selam ihram," (Bukhari dan Muslim).

Meski Rasulullah SAW tidak menjelaskan secara spesifik, namun obat ini memang dipercaya dapat menghilangan jerawat di kulit terutama wajah. Jika jerawat anda tidak kunjung sembuh, cobalah mengikuti apa yang disarankan Rasulullah SAW ini.